2019, Anggaran Mendikbud Naik Rp4,1 Triliun

2019, Anggaran Mendikbud Naik Rp4,1 Triliun

2019, Anggaran Mendikbud Naik Rp4,1 Triliun

2019, Anggaran Mendikbud Naik Rp4,1 Triliun

Pemerintah Pusat dan Dewan Perwakilan Ra­kyat (DPR) menyepakati anggaran sebesar Rp40,1 triliun

untuk Kemen­terian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2019. Jumlah itu meningkat Rp4,1 triliun dari ang­garan sebelumnya pada 2018.

Hal tersebut diungkapkan Men­teri Keuangan, Sri Mulyani Indra­wati, saat Konferensi Pers APBN 2019 di Jakarta, Rabu (31/10). “Un­tuk Kemendikbud, anggaran yang diberikan sebesar Rp40,1 triliun. Sebelumnya Rp36 triliun,” katanya.

Akan tetapi, sambung dia, untuk tahun depan proyek pembangunan sekolah tak lagi ada di kemendikbud

, tapi jadi kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Tadinya di Kemen­dikbud jadi di Kementerian PUPR. Itu juga alasan kenapa anggaran Kementerian PUPR meningkat,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pemerintah menyatakan belanja kementerian atau lembaga tahun depan diarahkan untuk peningkatan investasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Strategi yang dilakukan yakni dengan memperkuat Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), beasiswa, vokasi dan mempercepat rehabilitasi sekolah.

Selain itu, belanja juga diarahkan untuk penguatan program perlin­dungan sosial melalui perluasan

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta peningkatan besaran manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Lalu, untuk menjaga kesinambung­an pembangunan infrastruktur demi pemerataan pembangunan.

Selain itu, belanja diarahkan untuk memperkuat reformasi birokrasi dengan mempermudah pelayanan publik dan investasi serta meny­ukseskan pesta demokrasi dan men­jaga stabilitas pertahanan keamanan

 

Baca Juga :

Wildah

    Comments are closed.