Ade Sarip: Pramuka Harus Cakap dan Handal

Ade Sarip: Pramuka Harus Cakap dan Handal

Ade Sarip: Pramuka Harus Cakap dan Handal

Ade Sarip Pramuka Harus Cakap dan Handal

Sebanyak 39 guru SD dan SMP di wilayah Kecamatan Bogor Timur (Botim), Kota Bogor,

mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) selama tiga hari, di SMP Negeri 18, Kelurahan Baranangsiang. KMD ini dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip, dan dihadiri Mabiran Bogor Timur, Adi Novan, Muspika, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Botim, Dede M Ilyas, Ketua Kwaran Botim, Radite, serta sejumlah Kepala SDN di Botim.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Meningkatkan peran pembina dalam penguatan karakter bangsa Indonesia’

ini, berujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam satuan Pramuka. Untuk itu, Ade dalam sambutannya berharap, usai mengikuti KMD ini, para peserta benar-benar telah memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang pramuka, sehingga dapat menjadi pembina pramuka yang cakap dan handal.

Ia juga mengingatkan, setelah selesai mengikuti KMD, para peserta harus pula

melaksanakan masa pengembangan yaitu, membuat Rencana Tindak Lanjut atau RTL, yaitu mempraktekkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya selama KMD. Tujuannya, guna mendapatkan pengalaman membina pada gugusdepan selama 6 bulan. “Jadi, pada masa pengembangan, kalian (peserta KMD, red) akan didampingi seorang pelatih pembina,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Kecamatan Bogor Timur, Radite kepada Metropolitan. menjelaskan, KMD ini dilaksanakan selama 6 hari, dengan jumlah peserta 39 orang. Pemateri dan pelatihnya, dari pengurus Kwarcab Pramuka Kota Bogor. “Para peserta KMD akan diberikan materi kepramukaan selama 3 hari. Setelah itu, diadakan perkemahan atau kegiatan outdoor di daerah Gadog, Kab. Bogor,” ujarnya.

 

Sumber :

https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/ZnZl/history-of-heroes-day-10-november-1945

Wildah

    Comments are closed.