Bocoran Lengkap Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone Terbaru 2018

Bocoran Lengkap Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone Terbaru 2018

Bocoran Lengkap Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone Terbaru 2018

Bocoran Lengkap Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone Terbaru 2018

 

Bocoran Lengkap Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone Terbaru 2018

Bocoran Lengkap Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone Terbaru 2018

Bulan September 2017 lalu Apple benar-benar membuat kejutan dengan memperkenalkan iPhone X. Punya desain baru dan sudah ditopang dengan keamanan biometrik kebanggan milik Apple, Face ID. Fitur keamana tersebut membuat iPhone X tampil tanpa Home Button.

Sementara iPhone X mulai bergerak ke arah yang baru, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang diperkenalkan secara bersamaan juga datang dengan desain yang disempurnakan. Keduanya dipoles oleh Apple sehingga benar-benar berbeda dengan desain iPhone yang sudah dikenal selama sepuluh tahun terakhir.

Pada tahun ini, Apple pun sudah bisa dipastikan akan kembali merilis iPhone terbarunya. Berbeda dengan tahun lalu, Apple diperkirakan tidak lagi merancang iPhone terbarunya itu dengan desain seperti iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Artinya, semua model iPhone 2018 yang akan diperkenalkan lebih condong mengadopsi desain iPhone X. Tidak ada Home Button dan memaksimalkan fitur Face ID. Ya! Diperkirakan akan ada tiga model iPhone terbaru yang akan diperkenalkan oleh Apple di tahun 2018 ini. Dan inilah bocoran lengkapnya!
Tiga model sekaligus

Berdasarkan sejumlah bocoran yang beberapa bulan belakangan ini terus bergulir di internet, Apple memang diperkirakan akan merilis tiga model iPhone 2018. Ketiga model tersebut adalah iPhone 5,8 inci, iPhone 6,5 inci, dan iPhone 6,1 inci.

Desas-desusnya, model iPhone terakhir yang disebutkan, yakni iPhone 6,1 rumornya akan menjadi iPhone yang dijual dengan harga paling terjangkau. Atau sejumlah analis menyebutnya, inilah “budget smartphone” yang ditawarkan oleh Apple guna bertarung di kelas menengah.

Sedangkan dua model lainnya, iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 inci akan ditempatkan sebagai smartphone flagship yang siap bertarung dengan sejumlah perangkat yang sudah ada atau sedang dipersiapkan oleh sejumlah pabrikan, seperti Samsung Galaxy S9, S9+, Huawei P20 Pro, LG G7 ThinQ, dan Galaxy Note9.

Besar kemungkinan, iPhone 6,1 inci akan datang dengan nama iPhone 9 atau iPhone SE Plus. Sedangkan dua model iPhone 2018 lainnya banyak penyebutan. Ada yang menyebutnya iPhone 11 dan iPhone 11 Plus atau iPhone X dan iPhone X Plus. Ada juga yang menyebutkan iPhone X2 dan iPhone X2 Plus.
Ukuran dan resolusi layar bervariasi

Bisa dikatakan iPhone 5,8 inci sangat berperan besar untuk menggantikan iPhone X yang diperkenalkan pada bulan September 2017 lalu. Oleh karena itu, besar kemungkinan smartphone ini akan datang dengan kepadatan layar yang sama, yakni 458 ppi.

Sedangkan ukuran yang lebih besar, yakni 6,5 inci akan datang sebagai iPhone X Plus dan memiliki kepadatan layar antara 480 hingga 500 ppi. Keduanya akan dikemas dengan layar OLED multi-sentuh yang sudah mendukung HDR dan 3D Touch yang dipasarkan oleh Apple sebagai Super Retina HD.

Berbeda dengan iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 inci, iPhone 6,1 inci hanya akan dilengkapi dengan layar LCD yang memiliki kepadatan antara 320 hingga 330 ppi. Selanjutnya, Apple akan memasarkannya sebagai layar Retina HD yang hanya disokong kemampuan HDR tanpa adanya 3D Touch.

Guna memaksimalkan layar LCD yang terpasang ke dalam iPhone 6,1 inci, Apple juga digosipkan telah menggandeng perusahaan asal Jepang, yakni Nichia yang telah berhasil mengembangkan teknologi LED backlighting jenis baru yang hanya membutuhkan konektor lebih kecil dan disebut sebagai chip LED 0,3t.

Konektor ini sering kali berkaitan erat dengan bezel bagian bawah pada smartphone berlayar LCD. Chip LED 0,3t memang memiliki konektor yang lebih kecil daripada LED 0,4t. Oleh sebab itu, besar kemungkinan iPhone 6,1 inci akan memiliki bezel bawah lebih besar dibandingkan iPhone 5,8 dan 6,5 inci.
Apple Pencil dan layar 120 Hz

Tak hanya sibuk mempersiapkan iPhone terbaru, sejumlah analis juga menyebutkan bahwa Apple sedang mempersiapkan iPad terbaru yang bakal hadir di tahun ini. Menariknya, iPad 2018 akan datang dengan Apple Pencil. Sangat menarik bukan?

Namun kejutan tak hanya berhenti sampai disitu. Ya! Apple juga disebut-sebut akan melengkapi iPhone terbarunya yang muncul di tahun ini dengan Apple Pencil. Diperkirakan, hanya iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 inci yang akan dilengkapi dengan Apple Pencil.

Sudah bisa ditebak, jika rumor ini benar-benar diimplementasikan oleh Apple, inilah salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut untuk menjegal pemasaran Galaxy Note9 buatan Samsung.

Namun sejumlah pengalaman yang pernah diungkap oleh banyak orang, Apple Pencil akan berfungsi optimal jika dipasangkan dengan layar 120 Hz, seperti iPad Pro misalnya. Pertanyaannya, apakah Apple nantinya akan mengemas iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 dengan layar 120 Hz.

Tentu saja, kemungkinan itu sangat terbuka lebar. Seperti yang kita ingat, Apple pernah menurunkan True Tone yang sebelumnya mengalir pada iPad Pro ke iPhone. Kedatangan layar 120 Hz tentunya juga sangat diidam-idamkan oleh para gamer dan para pengembang aplikasi berbasis Augmented Reality alias AR.
Warna lebih berani

iPhone X memperkenalkan Face ID generasi pertama. Sedangkan kedatangan tiga model iPhone terbaru di tahun ini, Apple akan membawa Face ID generasi kedua yang lebih optimal. Terkait dengan itu, Apple juga akan membuat poni pada iPhone 2018 sedikit lebih kecil ketimbang yang ada pada iPhone X.

Apple juga sudah berkomitmen soal pengisian daya secara nirkabel. Oleh karena itu, tak sedikit yang berharap bahwa Apple akan memuat fitur tersebut ke dalam dua model unggulannya, yakni iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 inci.

Sehubungan dengan itu, kedua model iPhone tersebut juga diduga kuat akan dirancang dengan panel belakang kaca yang dipadukan baja tahan tahan karat. Sedangkan iPhone 6,1 inci juga akan memiliki panel belakang yang sama, hanya saja diadukan dengan material alumunium.

Hingga saat ini, bocoran soal warna hanya baru ada pada iPhone 6,1 inci. Disebut-sebut, Apple akan meramu iPhone 6,1 inci dengan banyak warna pilihan, mulai dari Blue, Red, Grey, White, dan Orange. Sedangkan warna untuk iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,1 inci masih misterius.

Namun, bocoran yang diungkap oleh analis TF International Securities, Ming-Chi Kuo sangat menarik. Disebutkan, Apple masih akan meramu dua model iPhone flagship yang dikembangkannya, yakni iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,1 inci dengan warna-warna standar, yakni Silver, Black dan Gold.

Selain itu, Apple juga tak akan berhenti untuk menciptakan iPhone dengan warna merah atau yang mereka masukkan ke dalam edisi Red Product. Jadi besar kemungkinan, nantinya kalian akan juga menemukan iPhone 5,8 inci, iPhone 6,1 inci dan iPhone 6,5 inci dengan warna merah darah.
Pakai tiga kamera?

iPhone X yang datang dengan dukungan kamera 12 MP aperture f/1.8 sebagai lensa utama + 12 MP aperture f/2.4 sebagai lensa telephoto sudah lebih dari cukup untuk menyajikan foto yang memiliki kualitas terbaik. Dukungan Quad LED True Tone flash juga mampu memberikan nilai tambah.

Tentu saja, kedatangan kedua iPhone 2018 yang masuk ke dalam kelas flasgship diharapakan memiliki dukungan kamera belakang yang lebih baik. Diperkirakan, iPhone 5,8 inci akan memiliki dua kamera belakang, sedangkan iPhone 6,5 akan mempunyai tiga kamera belakang.

Sementara itu, iPhone 6,1 inci yang

datang sebagai “budget smartphone” hanya akan ditopang dengan kamera tunggal di bagian belakang. Lantas, bagaimana dengan besaran resolusi yang bakal diadopsi oleh ketiganya?

Sayangnya tak banyak yang mengungkap mengenai hal ini. Hanya saja ada yang menarik terkait dengan pemberitaan belakangan ini yang menyebutkan bahwa Sony yang juga pemasok lensa untuk iPhone telah memperkenalkan IMX586.

Lensa kamera smartphone terbaru milik Sony ini akan memiliki resolusi hingga 48 MP Quad Bayer 2×2 piksel array. Pada dasarnya, lensa ini adalah penerus dari sensor 40 MP yang ada pada Huawei P20 Pro, yang juga mengemas Quad Bayer.

Sony sendiri telah menegaskan bahwa lensa barunya ini akan mulai tiba di smartphone pada awal September 2018. Jadi, tak tertutup kemingkinan jika Apple akan memuat IMX586 ke dalam jajaran iPhone terbarunya yang muncul di tahun ini.

Jika Apple memutuskan menaikkan jumlah megapiksel, Sony memiliki banyak sensor dalam jangkauan Exmore RS-nya yang sesuai. Hal ini juga memberikan kesempatan kepada Apple untuk mengintegrasikan ISP dan kebutuhan komputasinya. Diharapkan resolusi yang akan diadopsi kisaran 16 – 19 MP.

Laporan lainnya juga menyebutkan, bahwa mulai 2019 Apple akan memperkenalkan sensor TrueDepth 3D ke kamera belakang untuk meningkatkan AR. Hal ini juga akan memberikan efek kamera tambahan, seperti Portrait Mode dan Animoji yang lebih optimal.

Tak tertutup kemungkinan teknologi tersebut akan dikembangkan lebih cepat sehingga nantinya bisa dimuat ke dalam model iPhone 2018 yang akan diperkenalkan. Sedangkan untuk kamera depannya, diharapkan Apple mau untuk mengadopsi kisaran 12 MP sehingga lebih baik untuk Group FaceTime.
Chipset Apple A12

Spekulasi yang beredar, Apple akan memperkenalkan generasi selanjutnya dari SoC A-Series, yakni Apple A12. Diperkirakan, SoC terbarunya ini akan dimuat ke dalam iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 inci. Lantas, bagaimana dengan iPhone 6,1 inci?

Dengan A11 Bionic, rasanya masih lebih dari cukup untuk menjadi otak iPhone 6,1 inci. Namun, apakah Apple benar-benar akan menggunakan chipset lawasnya tersebut untuk budget smartphone-nya itu? Kita tunggu saja hingga smartphone tersebut benar-benar meluncur.

Baru-baru ini dugaan iPhone 2018 dengan iOS 12 juga telah muncul di Geekbench. Meskipun keasliannya masih diragukan, yang cukup menarik dalam benchmark tersebut prosesor yang terpasang memiliki clock speed 2,49 GHz.

Tentu saja, SoC A12 juga akan membawa lebih banyak peningkatan. ISP-nya juga akan memberikan banyak keuntungan pada sektor kamera, seperti autofokus yang lebih cepat, pemprosesan piksel dan perangkat keras yang mampu mengurangi noise lebih signifikan.

Demikian pula, peningkatan A12 neural engine diharapkan mampu meningkatkan kinerja Face ID. SoC A12 juga diharapkan datang dengan GPU internal Apple generasi ke-2. Jika hasil Geekbench adalah benar, kinerjanya lagi-lagi akan menjadi yang terdepan di kelasnya.

Tak hanya disokong dengan SoC terbaru, dua model flagship iPhone 2018 juga diharapakan memiliki RAM jumbo, setidanyak 4 GB seperti yang diperlihatkan pada daftar Geekbench. Sementara untuk penyimpanan internalnya memiliki kapasitas mulai dari 256 GB hingga 512 GB.
Baterai dan perkiraan harga

Seperti yang ada pada iPhone X,

kemungkinan Apple akan tetap melanjutkan penggunaan dua sel baterai pada iPhone 5,8 inci dan iPhone 6,5 inci. Sedangkan pada iPhone 6,1 inci, Apple kemungkinan akan menerapkan satu sel baterai.

Laporan lainnya menyebutkan, Apple juga sedang merancang chip Power Management sendiri yang kemungkinan akan dimuat ke dalam jajaran iPhone 2018. Hal ini sengaja dilakukan agar Apple bisa mengurangi ketergantungan pada pemasok utama, yakni Dialog Semiconductor.

Chip buatan Apple ini nantinya tak hanya bertugas mengelola masa pakai baterai, tetapi juga terkait dengan proses pengisian daya hingga melakukan pemantauan daya dengan cara yang lebih modern. Tahun lalu, dengan merancang GPU sendiri, Apple berhasil mendapatkan banyak keuntungan.

Tentu saja, chip Power Management ini diharapkan bisa saling mendukung dengan SoC A12. Dengan begitu, jajaran iPhone 2018 yang akan diperkenalkan nanti bisa memiliki baterai yang berkualitas dan lebih optimal dalam pemakaiannya.

Apple pada tahun lalu juga telah memperkenalkan secara resmi AirPower. Inilah solusi yang terbilang inovatif yang disajikan oleh Apple untuk memberikan kemudahan dalam pengisian daya secara multi-perangkat.

Terkait dengan hal itu, pengisian secara nirkabel pada iPhone yang diperkenalkan tahun lalu dibatasi pada 7,5W. Standar Qi sudah mendukung hingga 15W. Pertanyaannya, apakah Apple akan melengkapi iPhone 2018 dengan AirPower yang mendukung pengisian 15W?

Apple sendiri juga digosipkan telah

mempersiapkan charger 18W yang akan disertakan dengan penjualan iPhone 2018 nanti. Jadi bukan sebuah kebetulan jika itu bisa lebih dari mampu untuk menyalakan Apple AirPower.

Soal harga, analis Ming-Chi Kuo pada bulan April lalu pernah menegaskan bahwa Apple akan menawarkan strategi harga “lebih agresif” untuk ketiga model iPhone yang akan diperkenalkan pada tahun ini. Ditawarkan dengan harga lebih tinggi juga akan membawa sedikit masalah bagi Apple.

Oleh karena itu, Apple harus benar-benar memperhitungkan segalanya. Diperkirakan, iPhone 5,8 inci akan dibanderol mulai dari US$800-US$900 (Rp12 jutaan) dan iPhone 6,5 inci akan dibanderol mulai dari US$900-US$1.000 (Rp14 jutaan). Paling murah, iPhone 6,1 inci, yakni mulai dari US$600-US$700 (Rp10 jutaan).

sumber :

https://galleta.co.id/accuweather-platinum-apk/

Wildah

    Comments are closed.