Dubes RI Dorong Kolaborasi Riset China dengan Indonesia

Dubes RI Dorong Kolaborasi Riset China dengan Indonesia

Dubes RI Dorong Kolaborasi Riset China dengan Indonesia

Dubes RI Dorong Kolaborasi Riset China dengan Indonesia

CHENG – China dikenal menjadi salah satu kiblat dari teknologi global. Karena itu, tak ada salahnya Indonesia belajar tentang teknologi dari negara dengan pertumbuhan ekonomi dua digit tersebut.

Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, mendorong peningkatan kolaborasi riset antara perusahaan teknologi asal China dengan universitas di Indonesia. Hal itu perlu dilakukan guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

“Meskipun ekonomi digital saat ini baru berkontribusi sekitar 2,4% terhadap GDP, tapi ini memiliki potensi yang luar biasa untuk maju. Harapannya Indonesi bisa membuat leapfrog seperti China, kalau kita lihat 20 tahun lalu mereka kan belum seperti sekarang ini,” kata Dubes Djauhari Oratmangun di sela-sela penyelenggaraan Asia Pacific Innovation Day 2019 di Chengdu, China.

Baca Juga:

Lintasarta Ingin Tetap Produktif di Tengah Pandemik COVID-19
Malam Ini Dirilis Global, Huawei P40 Series Merevolusi Fotografi Seluler

Djauhari menjelaskan, dengan kekuatan riset dan pengembangan dalam bidang teknologi

, Indonesia akan mendapat dorongan dalam proses mengakselerasi pertumbuhan ekonomi demi mencapai cita-cita menjadi negara maju. “Saya kira, pertama, jika konteksnya adalah Huawei, mereka harus perkuat riset dan pengembangan, dengan universitas-universitas di Indonesia. Kemudian terus merangkul kalangan milenial sebagai penerima manfaat dari kemajuan teknologi tersebut,” kata Djauhari.

Lebih lanjut dia berharap riset dan pengembangan tersebut tidak hanya

terkonsentrasi di Pulau Jawa, tapi juga merata di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk kawasan Indonesia Timur, Sulawesi dan Kalimantan yang akan menjadi.

Dubes yang gemar “wefie” ini menekankan pentingnya transfer

pengetahuan dan teknologi ke seluruh pemangku kepentingan untuk membangun pemahaman dan kapasitas SDM yang unggul di Indonesia.“Saya kira Huawei yang termasuk tidak pelit dalam hal transfer teknologi, itu merupakan hal yang bagus. Tentu saja perusahaan yang lain juga, jangan hanya Huawei,” harapnya.

 

sumber :

https://solidaritymagazine.org/kingdom-rush-origins-apk/

Wildah

    Comments are closed.