Financial Accounting Standards Board (FASB)

Financial Accounting Standards Board (FASB)

Financial Accounting Standards Board (FASB)

Financial Accounting Standards Board (FASB)

Misi organisasi ini adalah membentuk dan memperbaiki standar-standar akuntansi serta pelaporan keuangan dalam rangka membimbing dan mendidik publik, yang meliputi emiten, auditor, serta pemakai informasi keuangan. Beberapa perbedaan signifikan antara FASB sendiri dengan pendahulunya, APB:
1. Ukuran yang lebih kecil
2. Keanggotaan Penuh-Waktu, Bergaji
3. Otonomi yang lebih besar,
4. Independensi yang Lebih Tinggi,
5. Representasi yang Lebih Luas.
FASB menggunakan standar akuntansi keuangan (finansial accounting standards) dalam ketetapannya. Jenis-jenis ketetapan utama yang dikeluarkan FASB adalah: Peranan Bryophytha : Ciri, Reproduksi, Klasifikasi
1. Standar, Interpretasi, dan Posisi Staf
Standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh FASB dipandang sebagai prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum. Interprestasi (interpretation) yang dikeluarkan oleh FASB merupakan modifikasi atau perluasan dari standar-standar yang ada. Terakhir FASB menerbitkan posisi staf, yang memberikan pedoman interpretif dan juga perubahan kecil terhadap standar dan interpretasi.
2. Konsep Akuntansi Keuangan
Sebagai bagian dari upaya jangka panjang untuk menyingkir dari pendekatan masalah permasalah, FASB pada bulan November 1978 menerbitkan serangkaian Statement of Financial Accounting Concepts sebagai bagian dari proyek kerangka kerja konseptualnya. SFAC menetapkan tujuan dan konsep fundamental yang akan digunakan FASB dalam mengembangkan standar akuntansi dan pelaporan keuangan di masa depan.
3. Pernyataan EITF (Emerging Issues Task Force Statements)
Adapun tujuan dari gugus tugas ini adalah untuk menciptakan konsensus tentang bagaimana memperlakukan transaksi keuangan baru dan tidak biasa yang berpotensi menimbulkan praktek-praktek pelaporan keuangan yang berbeda.
Wildah

    Comments are closed.