Guru Diminta Dewasa Jalankan Tugas

Guru Diminta Dewasa Jalankan Tugas

Guru Diminta Dewasa Jalankan Tugas

Guru Diminta Dewasa Jalankan Tugas

Sebagai pendidik, guru diminta bersikap dewasa dalam melaksanakan tugasnya tanpa perlu diperintah lagi.

Pasalnya, setiap guru sudah memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing. Namun kewenangan itu tetap harus melibatkan serta bertanggung jawab kepada kepala sekolah. ’’Ya, hari kedua masuk sekolah, guru di sini sudah pada hadir, tidak perlu ditugaskan lagi, mereka sudah dewasa,” ujar Kepala SD Negeri Ciaro Toni S.Pd di Nagreg kemarin (28/7).
PERTAMA MASUK SEKOLAH
FAJRI ACHMAD NF/BANDUNG EKSPRES
SILATURAHMI: Guru sebagai tenaga pendidik diimbau untuk lebih dewasa dan bertanggungjawab.

Toni mengatakan, dirinya harus menyikapi segala sesuatunya dengan bijak, apalagi dengan jabatannya

sebagai kepala sekolah. Termasuk memahami karakter para guru juga murid. Sehingga, satu sama lain bisa saling memahami. ’’Jangan bawa urusan keluarga masuk sekolah,” singkatnya.

Selama kurun waktu dua tahun memimpin sekolah tersebut, Toni mengklaim, banyak peningkatan, terutama dari fasilitas serta sarana prasarana sekolah dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar murid,” serunya.

Di antaranya, rehabilitasi ruang kelas maupun sanitasi. ’’Halaman pun ditata, sehingga murid bisa nyaman dan bermain ketika jeda istirahat. Bahkan demi menjaga kebersihan, sepatu dilarang di pakai ke dalam,” Jadi terawat, selain itu mengajarkan murid bersikap disiplin,” ucapnya.

Disinggung hal lain, Toni menyatakan, bahwa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) berlangsung aman dan lancar,

malah mengalami peningkatan. ’’Tahun lalu, kelas 1 hanya 22 orang, sedangkan tahun ini dua hari sudah 30 orang,” sebutnya.

Toni menuturkan, seluruh hal tersebut berkat kepercayaan dari masyarakat yang menitipkan anak-anaknya menimba ilmu di tempat itu. Hanya saja, meningkatnya jumlah murid, beban yang ditanggung juga bertambah. Selain menjaga, sekolah wajib mengawasi anak didiknya selama berada di ruang lingkup sekolah. ’’Kita akan pertahankan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat melalui peningkatan pelayanan kepada murid juga orang tua, supaya lebih baik dan berkembang,” tutupnya

 

Sumber :

https://dcc.ac.id/blog/sejarah-kerajaan-bali/

Wildah

    Comments are closed.