O2SN Tingkat Kota untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

O2SN Tingkat Kota untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

O2SN Tingkat Kota untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

O2SN Tingkat Kota untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Kepala Sekolah SLB-B Sukapura, Anna Bhudiarti menemani para siswanya

dalam perlombaan melempar bola di tingkat gugus. Permainan ini akan menentukan perwakilan siswa untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota yang akan diselenggarakan Jumat, 27 Juli 2018. Ia merupakan Ketua Gusus 13 yang membimbing siswanya yang merupakan anak down syndrome (DS) di Lapangan SLB BC YPLAB Wartawan, Jalan Rajamantri Kulon Blok A No.1, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Rabu, 25 Juli 2018.

Anna menjelaskan bahwa anak down syndrome ini sering disebut

juga dengan anak kembar sedunia. Karakteristiknya memiliki mata seperti kacang almond atau disebut juga almond shaped eyes, jari-jari tangan pendek, dan rambut tipis. Pada perkemangan kognitifnya, mereka memiliki profil yang cukup bervariasi mulai dari ringan hingga sedang. Sedangkan pada kemampuan motorik, mereka mengalami tahapan tumbuh kembang yang lebih lambat karena keterbatasan kerja otot .

Pada perlombaan kali ini, para siswa akan bermain dengan melempar bola.

Anna menjelaskan bahwa permainan ini diberikan karena dapat melatih kemampuan membidik dan melatih  keseimbangan. Anak-anak dibimbing agar melempar bola sejauh-jauhnya, sehingga dapat diukur sejauh mana bola tersebut terjatuh. Selain itu, permainan bola ini dapat meningkatkan konsentrasi mereka.

“Permainan ini pertama kali berasal dari Inggris, khusus diberikan untuk anak-anak down  syndrome. Saat diberikan ternyata mereka juga mampu membidik sesuai arahan,” ujar Anna.

Walaupun terkadang Anna mendapatkan cibiran dari orang-orang akan usahanya dalam membimbing anak-anak berkebutuhan khusus, ia tidak pernah patah semangat. Ia mengembangkan sekolahnya dengan apa yang ia cita-citakan, yaitu memberikan harapan bagi para siswanya.***

 

Sumber :

https://cloudsoftwareprogram.org/doa-selamat-dunia-akhirat/

Wildah

    Comments are closed.