Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Galakkan Gerakan Kembali ke Surau

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Galakkan Gerakan Kembali ke Surau

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Galakkan Gerakan Kembali ke Surau

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Galakkan Gerakan Kembali ke Surau

Kabupaten Solok Selatan terus melakukan upaya dalam peningkatan iman dan taqwa

pada berbagai kegiatan di bidang keagamaan bagi warga masyarakat di sana. Bahkan, Wakil Bupati (Wa­­­bup) Solok Se­latan (Sol­sel), Abdul Rahman mengatakan, pada 2017 me­lalui Anggaran Pen­dapatan Be­lanja Daerah (APBD) me­­ng­alokasikan hing­ga dua puluh lima persen untuk ke­giatan ke­aga­maan.

Hal itu disam­paikan saat kun­jungan ke Nagari Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari, Se­nin,(25/4/2016) dilansir dari solselkab.go.id.

“Sesuai visi dan misi kita saat pilkada lalu jika fokus untuk kegiatan keagaman

serta pem­bentukan karakter moral ke arah yang lebih baik,” jelas Wabup dua periode itu.

Ia menuturkan, bukan berarti dalam masa kepemimpinan periode pertama tidak ada program keagamaan. “Tapi saat ini akan kita fokuskan untuk kegiatan keagamaan guna melakukan gerakan kembali ke Surau karena merupakan salah satu budaya yang patut kita lestarikan,” tambahnya.

Menu­rutnya, dengan digalakkan kembali kegiatan kembali ke Surau akan berdampak terhadap kejayaan masyarakat Minang di masa lalu. Disebabkan, Surau dalam budaya Minang bukan saja tempat untuk beribadah tetapi juga tempat untuk menimba ilmu pengetahuan.

“Sejarah mencatat para pembesar Minang di masa lalu merupakan sosok yang giat

melaksanakan kegiatan di Surau. Seperti, Buya Hamka dan lainnya,” tandasnya.

Sementara Pengurus Masjid Nurul Iman, nagari RPC, Rahman menyebutkan kapa­sitas masjid tidak lagi mampu menampung kegiatan ibadah Salat Jum’at sehingga diperlukan pemugaran masjid kembali agar mampu menampung lebih banyak untuk kegiatan ibadah ataupun kegitan nagari.

“Semoga, sesuai program Bupati dan Wakil bupati pemugaran Masjid Nurul Iman di kenagarian RPC mampu terwujud sehingga kegiatan keagamaan serta ke­giatan lainnya bisa maksimal,” tutupnya.

 

Baca Juga :

 

 

Wildah

    Comments are closed.