Pendidikan Karakter dan Disiplin Siswa Perlu Ditingkatkan

Pendidikan Karakter dan Disiplin Siswa Perlu Ditingkatkan

Pendidikan Karakter dan Disiplin Siswa Perlu Ditingkatkan

Pendidikan Karakter dan Disiplin Siswa Perlu Ditingkatkan

Peristiwa kekerasan yang dilakukan seorang siswa terhadap gurunya kembali terjad.

Perlakuan persekusi seorang siswa terhadap guru pengajarnya di sekolah yang diviralkan di media sosial, dinilai sebagai kondisi yang memprihatinkan dan membahayakan bagi perkembangan karakter siswa didik.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Komisi V DPRD Jabar, yang membidangi masalah Pendidikan H. abdul Hadi Widjaya saat diminta tanggapannya oleh wartawan mengatakan, ini kejadian yang luar biasa, semua pihak harus memberi perhatian dengan memberi contoh, memberi arahan untuk kebaikan kondisi pelajar saat ini.

 “Peran orang tua, lingkungan tempat tinggal anak di luar sekolah juga harus

jadi perhatian, keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak, dalam menerima pendididkan dan orang tua juga harus jadi teladan anak-anaknya,” tutur politisi PKS ini di DPRD Jabar Rabu, (13/2/2019.

Menurut Hadi, duru adalah sosok yang harus dihormati dan melawan guru sangat berbahaya, sehingga untuk mencegahnya diharapkan kepada kepala sekolah dibantu oleh jajaran guru maupun orang tua, komite sekolah agar senantiasa meningkatkan lagi konten-konten untuk pendidkan karakter siswa.

“Dalam bentuk peningkatan keagamanan, serta nilai-nilai bagaimana adab murid

kepada guru,”ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam UU Pendidikan dimungkinkan guru memberi sanksi terkait peraturan, terkait ahlak pembentukan watak kepribadian anak-anak.

“Dalam proses penegakkan disiplin, itu dimungkinkan asal memang harus sesuai prosedur dan aturannya tepat itu yang paling penting,” pungkas Sekretris DPW PKS Jabar yang juga wakil rakyat daerah pemilihan Purwakarta – Karawang.(R1)

 

Baca Juga :

Wildah

    Comments are closed.