Program Makanan Tambahan Siswa Sasar 4000 Anak Sekolah Dasar di Kota Pariaman

Program Makanan Tambahan Siswa Sasar 4000 Anak Sekolah Dasar di Kota Pariaman

Program Makanan Tambahan Siswa Sasar 4000 Anak Sekolah Dasar di Kota Pariaman

Program Makanan Tambahan Siswa Sasar 4000 Anak Sekolah Dasar di Kota Pariaman

Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekalolah (PMT-AS) Tahun 2016 untuk 34 SD/MI se-Kota Pariaman

bisa mencapai 4000 anak. Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, secara resmi mencanangkan program yang bertuuan mewujudkan insani yang cerdas, berkualitas dan kompotetif, acara sosialisasi di SDN 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur.

Acara yang dilaksanakan Senin (18/4/16), diharidiri Asisten I Tata Praja Kota Pariaman Khaidir, Ka Perindagkop Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit, Ka. BPM-Des Kota Pariaman Lanefi, Camat se-Kota Pariaman, Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Kepala Desa dan Pengurus PKK desa Se-Kota Pariaman dan Kepala Sekolah Dasar yang menerima Progam Pencanangan PMT-AS se-Kota Pariaman serta Ninik Mamak, alim Ulama dan Cadiak Pandai dan Masyarakat Air Santok.

Pada sambuatan walikota dalam hal ini diwakili Asisten I Tata Praja mengatakan “Merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral dan telah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dengan melibatkan banyak pihak termasuk orang tua murid dan masyarakat melalui forum koordinasi berjenjang.”

“Program PMT-AS bertujuan meningkatkan gizi anak SD/MI sesuai pedoman tambahan

suplemen makanan yang disajikan bersadarkan hasil alam setempat, penyajian makanan diserahkan kepada pengelola PKK di lingkungan penerima program ini” ujar Khaidir.

“Dan tak kalah pentingnya bagaimana PKK desa mampu membuat kemasan lebih menarik melalui inovasi-inovasi menu jajanan setempat sehingga menambah minat makan anak-anak kita untuk mengkonsumsi makanan tradisional” ungkapnya.

“Asupan gizi makanan tambahan anak-anak SD/MI minimal tercakup energy 300 kalori/5 gr protein agar dapat terwujudkan insani yang cerdas, berkualitas dan kompotetif di Kota Pariaman.” tambahnya

“Pemerintah desa selaku leading sektor program PMT-AS mampu mengkoordinir pelakasanaan prosesi

kegiatan ini nantinya, monitoring dan evaluasi asupan gisi dan faktor kesehatan akan dilakukan Pemko Pariaman secara kontinue dengan melibatkan Ahli Gizi Dinas Kesehatan sekaligus sebagai persiapan dalam menghadapi lomba PMT-AS Tingkat Provinsi Sumatera Barat.” paparnya

Secara detail beliau juga menjelaskan “Penyaluran Dana PMT-AS diberikan kepada siswa setingkat SD/MI dengan sasaran 4000 siswa, dimana asupan makanan tambahan tersebut dianggarkan masing-masing Rp 3.500,-/siswa dan dilaksanakan secara priodik sebanyak 62 kali.” tutupnya

Berdasarkan sumber data BPM-Des sebagai pelaksana program PMT-AS tahun 2016 terdiri dari 11 SD/MI di Kecamatan Pariaman Utara dengan jumlah sasaran 179 siswa, 7 SD/MI di Kecamatan Pariaman Tengah dengan sasaran 842 siswa, 7 SD/MI di Kecamatan Pariaman Selatan sebanyak 977 siswa dan di Kecamatan Pariaman timur paling besar 1002 siswa dari 9 SD/MI.

Diakhir acara rombangan disuguhkan berbagai jenis makanan hasil elaborasi PKK-Des dengan bahan hasil alam Kota Pariaman, kemudian masing-masing calon penerima penyaluran dana PMT-AS mempresentasikan makanan tambahan tersebut ke ketua rombongan dengan penuh semangat

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/O1LUuC66i1A7j6q

Wildah

    Comments are closed.